Apa Colour Theory itu?

Sebelum menjawab judul di atas…. ada pertanyaan dasar, Apa itu Warna??
Menurut catatan yang berhasil saya catat dari Mr. Santo Tjhin
Meaning of colour :
– Warna terjadi karena cahaya
– Cahaya adalah Gelombang elektromagnetik

Menurut Delauney, kaum Orphist, warna sebagai alat ekspresi yang perlu digunakan secara konsekuen dan serius.

Kalau menurut saya sih *RadaSokTahuNeh* Warna adalah suatu hal yang memiliki suatu ciri yang digunakan untuk membedakan arti dalam suatu objek visual. *KerenTapiGakBerisi* hehehe…

Pengantar Teori Warna/Colour Theory ahlidesain.com :

Color Theori Atau Teori Warna ini membahas Teori Brewster yang pertama kali dikemukakan pada tahun 1831. Teori Warna – Teori Warna ini menyederhanakan warnawarna yang ada di alam menjadi 4 kelompok warna, yaitu warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral. Kelompok warna ini sering disusun dalam lingkaran warna brewster. Lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna (komplementer), split komplementer, triad, dan tetrad.

Apa aja 4 kelompok warna itu? dapar di lihat disini *DariPadaPanjang2CoPas*

dengan begitu kita bisa klasifikasikan warna apa aja nih, pasti ada arti yang mengekspresikan suatu hal entah dalam lukisan, logo atau apa saja yang berwarna.

Karena saya lebih ke arah desain, bukan ke seni nya, karena seni itu luas, pada dunia grafis digital umumnya terfokus pada model RGB (Red,Green blue) dan CMYK. hal ini karena pada color space (color space= range spektrum warna yang terlihat oleh manusia), terdapat perbedaaan range antara model RGB dan CMYK. Hal inilah yang menjadi permasalahan. Sebagai salah satu solusinya adalah membedakan model warna pada dokumen digital kita sesuai dengan tujuan/media penyajiannya. untuk media digital sebaiknya gunakan model RGB dan untuk media cetak/kertas gunakan CMYK.

sementara itu dlo yang bisa di share, soalnya minimnya pengetahuan tetang warna 😀 hehehe…

1.Comment

  1. admin
    admin
    September 25, 2011 / Reply

    test dlo ah~

Leave a Comment

5 − 5 =